-->

Tutorial Direct ISP OPPO R831K

Pada kali ini kita akan bahas seputar kerusakan ponsel oppo, ( Oppo yg kali ini kita bahas khusus yg menggunakan Chipset Mediatek ). Sudah tested Direct ISP pada OPPO R831K saya sendiri.
Saya sering banyak sekali mendapatkan masalah Stuck logo di ponsel oppo yang ber chipset mediatek, kadang solusi nya hanya cukup di flash saja via SP Flashtool ponsel bisa normal lagi, Tetapi ada pula yang kembali error stuck di logo lagi, setelah pemakaian beberapa waktu, dan akhirnya saya putuskan untuk flash kembali via SPFT, proses flashing berjalan bagus sampai 100% sukses, Sesudah itu saya coba hidupkan ponsel oppo nya, eh ternyata masih stuck di logo, saya coba cari permasalahan nya
googling sana sini, dan udah berbagai cara saya coba mulai dari format whole flash di bagian tab format spft, saya reset/wipe data di recovery mode, namun gagal ( Wipe Data & Cache Filed ) sudah dicoba firmware backup dari ponsel oppo yang normal, dan sudah di coba pake berbagai jamu, tapi sayang hp nya tidak mau hidup alias stuck on logo, mulai stress rasanya karna sudah saya coba semuanya namun tetap saja masih stuck logo, lalu saya terdiam dan membisu mulai lelah rasanya ini otak hahaha, udah 3 hari kurang tidur begadang terus nyari solusi untuk menyelesaikan masalah oppo yg stuck di logo ini (curhat dikit).

Hampir mau nyerah rasanya karna udah mentok, tapi saya tidak boleh menyerah, terus dan terus meriset masalah hp oppo yg stuck di logo, akhirnya mulai ada jawaban untuk masalah ini, ada cara baru saya coba untuk masuk recovery mode, lalu pilih usb mass storage mode, lalu hubungkan hp oppo ke usb komputer, seharusnya penyimpanan internal ponsel terdeteksi dalam mode ini, tapi ternyata ini tidak !
dari sini saya mulai curiga ini ada kesalahan di area partisi emmc nya, ternyata oh ternyata benar !
Jadi selama ini ponsel oppo yang masih tetap bandel stuck logo meskipun telah di coba di flash dengan berbagai cara tapi hasilnya masih stuck logo, jawaban nya ternyata chip IC eMMC nya sudah lemah atau kemungkinan corupt di area partisi user data.

Ciri - ciridari eMMC yg sudah lemah :


  1. Seing muncul pesan error unfortunately force closes has stoped
  2. Sering Hank/Stuck padahal aplikasi tidak banyak dan OS Official baru saja di flash
  3. Kadang kalau kita buka aplikasi, ponsel menjadi hank tidak merespon sama sekali sampai mesti cabut batre untuk me-restart ponsel.
  4. Kalau melakukan wipe data and cache hasilnya tidak berubah aplikasi masih tetap seperti semula
  5. Khusus oppo chipset mediatek jika dalam keadaan mati di charge cuma tampil petir saja tapi tidak mengisi batre.
  6. Terjadinya Unmount SD / internal memori tidak terbaca


Jika ponsel anda menemui gejala seperti diatas maka waspadalah emmc ponsel anda sudah mulai lemah dan kemungkinan bisa mengalami Sudden Death Syndrome.

Nah kesimpulan nya untuk masalah stuck logo di ponsel oppo ber chipset mediatek seperti R821, R831, R831K, R1001, R2001 adalah dimana kondisi chip emmc sudah mulai melemah atau bahkan corupt pada area partisi user data sehingga ketika dinyalakan hp hanya stuck di logo tidak bisa masuk ke system android atau home android, di karenakan ada partisi data yg rusak sehingga meski di lakukan flashing dengan berbagai cara hasilnya tetap stuck di logo.

Solusi untuk masalah yang diatas tidak bisa diselesaikan dengan langkah flashing saja, jika kondisi emmc sudah seperti diatas tidak ada jalan lain selain repair eMMC melalui metode Direct ISP dengan menggynakan Box JTAG, ada banyak jenis box jtag yg bisa memperbaiki emmc, saya sendiri memakai UFI Box untuk memperbaiki emmc, itu juga jika kondisi emmc masih baik, maka masih bisa juga menggunakan metode Direct ISP, namun apabila metode direct isp gagal, berarti kondisi emmc sudah rusak parah, tidak ada jalan lain selain mengganti ic emmc nya dengan yg baru.

Tutorial Perbaikan eMMC melalui Box UFI

Kalian harus punya skema pin out ISP emmc nya dulu, cari di blog ini sudah saya upload. dibawah ini contoh gambar ISP untuk oppo R831K

Pin out ISP Emmc OPPO R831K

Lalu kita hubungkan tiap pinout seperti DAT0, CMD, CLK, GND, VCCQ, VCC, dari mesin hp ke adapter emmc UFI.

Adapter Emmc UFI

Kalau Vccq dan Vcc tidak saya hubungkan, karena nantinya emmc akan di suplay tegangan dari IC power managament ponsel melalui USB komputer,

Hubungkan adapter emmc ke Box UFI, lalu hubungkan hp ke usb komputer untuk suplay tegangan emmc nantinya, karna vcc dan vccq tidak saya pasang dari adapter tapi langsung dari mesin hp nya.

Lanjut buka aplikasi emmc tool box nya seperti ini:

eMMC TOOL BOX

Beri ceklis kotak kanan atas box direct ISP emmc nya

Lalu klik eMMC Identify

Klik Factory erase, jika ada pesan warning klik OK saja

Lanjut Klik NAND Test, ini berfungsi untuk melihat kondisi partisi user data, jika emmc masih baik maka  Log nya akan terlihat

Lalu kita pindah ke Tab eMMC Partitions, nah proses inilah yg nantinya akan memperbaiki partisi yg rusak di dalam eMMC tersebut, jangan lupa beri ceklis pada kolom user area dan lanjut klik write partitions setting

Jika sudah selesai tahap ini, kita lanjut klik Tab Factory Image

Pilih Mediatek di Tab Vendor

Lalu masukan file Scatter dari stockrom oppo R831K yg sudah di download sebelumnya, nanti otomatis ada list firmware di Tab sebelah kanan, kita beri ceklis di bagian file Preloader saja, karena kita hanya akan write file preloader saja,lalu klik write

Jika sudah sampai langkah ini, berarti kita sudah selesai tahap perbaikan partisi eMMC via direct ISP, cabut kembali sambungan pinout dari adapter eMMC, lalu rakit kembali mesin hp nya, jika sudah selesai, tinggal lanjut ke cara seperti biasa flash menggunakan SP Flashtool.

Jika sudah berhasil proses Full Flashing nya, setelah ini tinggal lanjut repair IMEI nya, karena IMEI nya pasti Invalid

Cek dan akhirnya alhamdulillah ponsel oppo R831K nya berhasil nyala normal lagi

Demikian Tutorial Direct ISP OPPO R831K, semog bermanfaat untuk semuanya, jika ada kesalahan, mohon maafkan saya, karena saya hanya seorang manusia biasa yg tak luput dari kesalahan.

Jika ada yg ingin bertanya silahkan ketik di kolom komentar atau selebihnya contact saya, oke baik sampai jumpai bertemu lagi di tutorial selanjutnya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel