-->

Cara Menggunakan Clean Master di Android untuk Membersihkan Sampah

Untuk menggunakan aplikasi Clean Master, kita hanya perlu klik-klik saja. Tampilannya juga sangat user friendly jadi sangat mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun.

Meskipun begitu, sebagian dari kita mungkin masih bingung mengenai cara menggunakan fitur-fiturnya. Maka dari itu, kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana caranya menggunakan aplikasi ini langkah demi langkah.

Cara Menggunakan Clean Master di Android untuk Membersihkan Sampah

Menginstall Clean Master sepertinya menjadi keharusan bagi pengguna gadget. Bagaimana tidak, dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa melakukan berbagai hal untuk memaksimalkan kinerja Android. Aplikasi ini memang didesain untuk membersihkan file sampah (cache, log, history) pada smartphone sehingga performanya bisa menjadi lebih cepat dan ngebut.

Yuk simak pembahasan selengkapnya!

Download dan Install Aplikasi Clean Master


Cara Menggunakan Clean Master di Android

Hal yang harus kita lakukan pertama kali adalah mengunduh Clean Master di Play Store. Aplikasi ini bisa dipasang dan digunakan secara gratis, jadi kita tidak perlu repot-repot lagi mengunduh di tempat lain.

Aplikasi pembersih ini juga bisa lebih powerfull jika HP Android sudah diroot sistemnya. Kendati demikian, HP Android yang belum diroot juga masih bisa menjajal fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi ini.

Coba ketik saja “Clean Master” di Play Store, lalu pilih install. Kalau tidak mau ribet, silahkan klik link download berikut.

Membersihkan File Sampah


Sesuai namanya, fitur utama dari Clean Master adalah pembersihan file-file sampah atau junk file. Biasanya, aplikasi yang diinstall akan meninggalkan sampah tanpa kita sadari.

File sampah ini lama kelamaan akan menumpuk dan akhirnya menyebabkan smartphone lemot. Untuk itu, sebaiknya file-file sampah ini dihapus secara permanen dengan bantuan Clean Master.

Langkah 1 : Silahkan jalankan aplikasi ini kemudian pilih menu “Junk Files”. Selanjutnya, aplikasi ini akan mencari file sampah yang bersarang di perangkat Android.

Dengan menggunakan Clean Master, kita bisa menghapus file sampah seperti:
  • Cache sistem.
  • File mentahan aplikasi Android (.APK) yang tersimpan di internal storage. Umumnya, banyak file mentahan yang memiliki kapasitas besar sehingga membuat sesak. Kalau file ini sudah tidak digunakan, tentu akan jauh lebih baik jika kita menghapusnya.
  • Junk files dari aplikasi yang sudah di-uninstall. Perlu diketahui, saat kita menghapus aplikasi biasanya ada beberapa file yang tersisa dalam penyimpanan. Untuk itu kita perlu memusnahkan sisa-sisa file ini agar tidak memakan memori penyimpanan.
Langkah 2 : Tunggu beberapa saaat sampai proses pemindaian selesai. Jika sudah, coba periksa satu per satu junk file apa saja yang ditemukan. Pastikan tidak ada aplikasi penting yang ikut masuk ke dalam daftar pembersihan.

Langkah 3 : Kalau kita menemukan file penting yang digunakan, coba hilangkan centang yang ada di sampingnya. Jika sudah mantap, silahkan ketuk tombol “Clean Junk” untuk membersihkan semua sampah yang terdaftar.

Dengan melakukan beberapa langkah ini, kita sudah berhasil menggunakan Clean Master untuk membersihkan file-file sampah yang ada di perangkat Android. Hasilnya, performa Android jadi terasa lebih lancar dan cepat.

Mendinginkan Android


Kebanyakan perangkat Android saat ini sudah dibekali dengan spesifikasi yang tinggi sehingga mampu memberikan performa yang sangat baik. Sayangnya, hal tersebut juga membuat perangkat Android cepat panas terutama ketika bermain game atau membuka banyak aplikasi.

Smartphone Android keluaran model terbaru biasanya ditenagai dengan spek yang gahar sehingga bisa memberi kinerja yang maksimal. Akan tetapi, biasanya smartphone akan jadi cepat panas khususnya saat digunakan bermain game atau menjalankan aplikasi secara bersamaan.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Clean Master sudah menawarkan fitur “CPU Cooler” yang bisa kita gunakan sesuka hati. Saya tidak tahu persis, apakah ini memberi dampak yang signifikan atau tidak.

Namun yang pasti, fitur keren ini sangat layak untuk dicoba. Cara menggunakannya seperti ini:
  • Ketuk menu “Phone Boost” pada halaman utama.
  • Setelah itu, aplikasi ini akan memindai selama beberapa saat.
  • Kalau sudah rampung, silahkan amati suhu yang ditampilkan layar. Tekan tombol “Cool Down” untuk mendinginkan sekaligus menutup aplikas-aplikasi yang menjadi biangnya panas.
  • Terakhir, istirahatkan smartphone minimal selama 5 menit.
Gampang kan?

Membersihkan RAM


RAM memiliki peranan penting dalam hal performa Android. Semakin besar kapasitasnya, semakin ngebut pula performanya.

Kalau RAM-nya saja penuh, tentu performa Android akan terganggu. Saat main game atau membuka banyak aplikasi, Android bisa saja ngelag dan ngehang.

Untung saja, Clean Master memiliki fitur pembersih RAM. Kita hanya perlu memilih opsi “Phone Boost” yang ada di halaman utama, lalu ketuk tombol “Boost” pada bagian bawah.

Setelah proses pembersihan selesai, biasanya perangkat Android jadi lebih enteng dari sebelumnya. Memang sih, dalam hal ini kita perlu menghemat RAM supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mempercepat Performa Game


Bagi Anda yang suka bermain game di Android, Clean Master sudah menyediakan fitur khusus untuk menunjang aktivitas Anda tersebut. Fitur tersebut akan mempercepat performa smartphone Anda ketika bermain game sehingga tidak akan terjadi lag atau penurunan performa lainnya.

Bagi pengguna yang suka main game, aplikasi ini juga sudah memiliki fitur untuk menunjang aktivitas tersebut. Fitur keren ini mampu mempercepat kinerja Android saat bermain game sehingga terasa lebih mulus. Kita jadi tidak perlu khawatir lagi Android akan ngelag atau ngehang sewaktu main game.
  • Pada layar utama, silahkan pilih opsi “Phone Boost”.
  • Selanjutnya, ketuk icon joystick yang ada di pojok kanan atas.
  • Pilih “Games Folder” dan ketuk tombol “Create”.
  • Akan muncul folder berisi game-game pada homescreen.
  • Kalau kita ingin main game, tinggal jalankan saja gamenya melalui folder buatan tersebut. Kemungkinan besar, game akan dioptimasi sehingga kinerja Android bisa meningkat hingga beberapa persen.

Uninstall Aplikasi


Selain untuk menghapus junk file, Clean Master juga memiliki fungsi untuk menghapus aplikasi yang terpasang pada sistem Android.

Caranya juga cukup mudah, silahkan ikuti langkah berikut:
  • Pada halaman utama, silahkan pilih “App Manager”.
  • Tentukan aplikasi mana saja yang ingin dihapus dengan memberi ceklist di sampingnya.
  • Pilih aplikasi yang jarang digunakan atau keberadaannya sudah tidak penting lagi.
  • Selesai memilih, ketuk tombol “Uninstall”.
Dengan begitu, Clean Master akan menghapus semua aplikasi terpilih sekaligus junk file yang menyertainya.

Memindahkan Aplikasi Ke SD Card


Jika Anda memiliki perangkat Android dengan memori internal yang terbatas, tentu akan sangat merepotkan jika harus menginstal banyak aplikasi. Nah untuk menyiasatinya, Anda dapat memindahkan berbagai aplikasi tersebut ke SD card dengan bantuan Clean Master.

Kalau perangkat Android kita punya slot SD Card, maka kita bisa memaksimalkan keberadaannya dengan Clean Master. Kita bisa memindahkan aplikasi ke SD Card supaya memori internalnya terasa lebih longgar.

Silakan simak langkah-langkah berikut ini:
  • Di layar utama aplikasi, silahkan pilih “App Manager”.
  • Selanjutnya, pindah ke tab “Move” dan pilih aplikasi mana saja yang ingin dipindahkan.
  • Kalau sudah, ketuk tombol “Move”.
Catatan: Tidak semua aplikasi Android bisa dipindahkan ke SD Card. Aplikasi bawaan (bloatware) dan aplikasi buatan Google sepertinya akan susah untuk dipindahkan. Selain itu, sistem operasi keluaran jadul seperti Jelly Bean dan KitKat mungkin tidak bisa menggunakan fitur ini.

Tips Menggunakan Clean Master


Agar berbagai fitur yang disediakan oleh aplikasi Clean Master tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal, berikut kami akan memberikan berbagai tips yang dapat Anda terapkan dalam penggunaannya:

Menggunakan Clean Master memang sangat mudah. Kita hanya perlu ketuk dan tunggu hasilnya selama beberapa saat. Untuk memaksimalkan berbagai fitur yang tersedia, silahkan ikuti beberapa tips berikut ini:
  • Bersihkan RAM minimal 1 kali setiap harinya.
  • Bersihkan file sampah 1 kali setiap minggu supaya tidak banyak sampah yang bersarang di perangkat Android.
  • Gunakan fitur CPU Cooler sebelum / sesudah bermain game. Bisa juga digunakan saat malam hari sebelum tidur supaya perangkat Android tidak kepanasan sepanjang malam.
  • Kalau Android sudah diroot, beri izin akses root supaya fitur Clean master bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.
Baca juga: Cara Mengatasi Smartphone Lemot dengan 25 Langkah Praktis!
Kiranya, itu saja yang bisa kami sampaikan. Pembahasan mengenai cara menggunakan Clean Master di atas bisa kita gunakan untuk mobilitas sehari-hari. Kalau hasilnya ingin lebih maksimal, silahkan cari referensi lain mengenai cara mempercepat kinerja smartphone Android.

Selamat mencoba bro!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel