-->

15 Cara Mengatasi Notifikasi Pesan WhatsApp Tidak Masuk dan Sering Telat

Jika notifikasi pesannya tidak ada, maka kita tidak tahu ada pesan baru dari kontak lain. Sama halnya dengan pesan baru yang telat masuk, kita jadi ketinggalan informasi penting.

Misalnya informasi dikirim dari teman pukul 11.00 , eh kita baru buka pukul 17.00 padahal smartphone standby terus. Kalau begini terus, kan bahaya?

Pesan WhatsApp yang tidak masuk memang sering dialami pengguna Android. Selain pesan WA yang telat masuk, kita juga sering menjumpai notifikasi pesan yang tidak muncul-muncul (pending) pada aplikasinya. Kalau sudah begini, maka aktivitas perpesanan kita akan terganggu.

For your information...

Keberadaan WhatsApp memang memudahkan pengguna untuk berkirim pesan dengan memanfaatkan internet. Hal ini tentu jauh lebih praktis dan hemat pulsa dibanding konsep berkirim pesan melalui SMS.

Kemudahan yang ditawarkan WhatsApp juga didukung fitur-fitur andalan, salah satunya “notifikasi pesan”.

Fitur ini cukup penting bagi sebuah aplikasi messenger. Tanpanya, pengguna akan kesusahan melihat pesan-pesan baru yang diterima. Sayangnya, fitur notifikasi ini kadang tidak muncul meski smartphone standby terus.

Ada banyak faktor yang menyebabkan semua ini terjadi. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas penyebab dan cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Tidak Masuk dan Notifikasi Tidak Ada


Beberapa cara berikut ini mungkin bisa mengatasi pesan WhatsApp tidak masuk jika layar HP terkunci. Silahkan simak dan praktikkan saja...

1. Pastikan Perangkat Terhubung Internet


Seperti yang kita tahu, WhatsApp memerlukan koneksi internet untuk bisa bekerja dengan normal. Kalau smartphone tidak terkoneksi dengan internet, kita tidak bisa menggunakan WhatsApp untuk berbagai keperluan seperti menerima pesan atau menampilkan notifikasinya.

Sebagai pengguna, pastikan smartphone kita benar-benar terkoneksi internet dengan baik. Kita bisa mengakses halaman web di browser terlebih dahulu untuk memastikan apakah koneksi internet berjalan normal atau tidak. Bila tidak berhasil, smartphone memang sedang terputus dengan internet.

Coba periksa sinyal/jaringan dan kuota internet yang digunakan. Bisa jadi, dua hal inilah yang menyebabkan koneksi internet kita terputus.

Kalau tidak ada sinyal, silahkan cari lokasi lain yang memungkinkan untuk akses internet. Sedangkan kalau kuota internet habis, segera beli kuota internet baru agar bisa internetan lagi.

Kita juga bisa memanfaatkan Wi-Fi untuk dapat terhubung ke internet. Dengan akses internet yang stabil, aplikasi WhatsApp tentu bisa berjalan sebagaimana mestinya. Notifikasi dan pesan mungkin sudah bisa muncul dengan sendirinya.

2. Pastikan Penggunaan Data Latar Belakang Tidak Dibatasi


Koneksi internet yang buruk juga bisa dikarenakan data latar belakang aplikasi sedang dibatasi. Meski pembatasan kuota internet akan lebih hemat, tetapi secara tidak langsung akan membatasi performa dari aplikasi-aplikasi yang membutuhkan internet. Dalam hal ini, aplikasi WhatsApp bisa menjadi salah satunya.

Kita bisa memastikan penggunaan data latar belakang ini dengan masuk ke Setelan > Aplikasi > pilih WhatsApp > buka Data Usage.

Silahkan lihat opsi “Background Data” dan pastikan dalam kondisi aktif.

3. Biarkan Wi-Fi Tetap Aktif Saat Mode Sleep


Masih berhubungan dengan akses internet, kita juga bisa membiarkan Wi-Fi tetap aktif saat smartphone dalam mode sleep supaya notifikasinya tetap muncul. Caranya, silakan buka Setelan > Wi-Fi > pilih Ikon Setelan > biarkan Wi-Fi tetap menyala saat mode tidur > pilih ‘Selalu’.

4. Setting Notifikasi pada Aplikasi WhatsApp


Cara yang satu ini dilakukan pada aplikasi WhatsApp itu sendiri. Silakan buka aplikasi WhatsApp > Setelan > Notifikasi. Kita bisa ceklist semua opsi notifikasi mulai dari nada, getar, lampu, pop-up dan yang lainnya.

5. Aktifkan Pemberitahuan pada Setelan Android


Kalau fitur notifikasinya diblok, mau sampai kapanpun sepertinya akan begitu-begitu saja. Oleh karena itu, silakan masuk ke Setelan > Aplikasi > Notifications > matikan opsi “Block All”. Selain WhatsApp, kita juga bisa mengatasi hal serupa pada aplikasi yang lain.

Bisa juga dengan masuk ke Setelan > Aplikasi > cari WhatsApp > Kelola Pemberitahuan > Ketuk “Izinkan pemberitahuan”.

6. Setel Ulang Preferensi Aplikasi


Penyebab kenapa notifikasi WA tidak muncul bisa juga dikarenakan preferensi aplikasinya. Biasanya, setiap kita install aplikasi maka akan ada permintaan hak akses dan pengaturan tertentu.

Kalau kita menolaknya, pasti ada beberapa fitur yang kinerjanya tidak maksimal. WhatsApp pun begitu, bisa memengaruhi fitur penting seperti notifikasi dan tampilan pesan baru.

Kita bisa mengembalikan preferensi ke setelan awal dengan masuk ke Setelan > Aplikasi > ketuk menu pojok kanan atas > ketuk Reset App Preferences.

Setelah itu, silahkan buka WhatsApp dan amati apa yang terjadi.

7. Keluar dari Semua Layanan WhatsApp Web


Saat kita menjalankan layanan WhatsApp Web, notifikasi pesan di Android akan masuk terlambat karena akan ditampilkan terlebih dahulu ke WhatsApp berbasis web.

Maka dari itu, silakan log-out akun dari semua layanan WhatsApp Web. Caranya, buka WhatsApp Web > klik menu di pojok kanan atas > klik opsi “Log out from all computers”.

8. Lepas Aplikasi Penonaktif Program (Task Killers)


Aplikasi semacam ini mungkin akan memengaruhi program secara tidak langsung. Mungkin saja karena keberadaan mereka, WhatsApp jadi tidak bisa bekerja dengan benar.

9. Setelan Power Saving Mode


Pesan WhatsApp yang telat masuk juga bisa disebabkan oleh pengaturan Android saat dalam keadaan Power Saving Mode. Untuk menghemat dan memperpanjang daya baterai, smartphone mungkin akan membatasi beberapa aplikasi yang terkoneksi dengan internet. Hal ini yang akhirnya menyebabkan pesan WA baru masuk setelah aplikasi dibuka dan notifikasi menjadi tidak muncul-muncul.

Silakan masuk ke Setelan > Baterai > pilih mode baterai ke kondisi default (jangan mode hemat daya).

Meski tidak semua ponsel berpengaruh, namun tidak ada salahnya jika kita mencoba tindakan ini.

10. Hapus Data WhatsApp


Apabila pesan-pesan yang ada di WhatsApp tidak begitu penting, sebaiknya dihapus saja. Selain untuk mempercepat kinerja smartphone, cara ini bisa saja akan memperbaiki notifikasi WhatsApp yang hilang atau tidak ada.

Caranya gampang, silahkan masuk ke Setelan > Setelan Tambahan > Manajemen Aplikasi > cari aplikasi WhatsApp > ketuk opsi “Paksa berhenti” dan “Hapus data”.

Keterangan :

Paksa berhenti atau force close itu untuk mematikan aplikasi secara paksa meski aplikasi sedang berjalan.

Hapus data digunakan untuk menghapus semua data di aplikasi WhatsApp mulai dari log, history dan lain-lain. Hal ini akan membuat aplikasi menjadi seperti baru diinstall dan pengaturannya dalam kondisi default.

11. Bersihkan Cache Data WhatsApp


Cara-cara di atas belum berhasil juga? Sekarang saatnya kita mencoba cara lainnya. Silahkan bersihkan cache data WhatsApp dengan masuk ke Setelan > Manajemen Aplikasi > cari WhatsApp > tap dan ketuk “Hapus cache”.

Dengan menghapus cache data WhatsApp, semoga saja bisa mengembalikan fitur-fitur ke kondisi semula.

12. Muat Ulang Smartphone


Hampir setiap masalah smartphone Android bisa diatasi dengan memuat ulang (restart/reboot) sistemnya. Hal ini bisa kita lakukan jika notifikasi WhatsApp tidak ada, sering terlambat dan tidak muncul-muncul.

Melakukan restart pada Android bisa mengembalikan kondisi seperti sedia kala dan otomatis akan menyegarkan Android itu sendiri. Aplikasi yang tadinya berjalan juga kembali ke kondisi awal sehingga berbagai permasalah bisa teratasi dengan mudah.

13. Update Aplikasi


Pesan yang lambat masuk dan tidak ada notifikasi yang muncul mungkin disebabkan karena aplikasinya belum diupdate. Untuk itu, silakan update aplikasi WhatsApp secara berkala melalui Google Play Store.

14. Copot WhatsApp Lalu Pasang Lagi


Kedengarannya memang konyol. Tapi bisa saja dengan cara ini kita bisa mengatasi fitur notifikasi WhatsApp yang tidak muncul. Dengan melakukan uninstall dan install lagi, beberapa konfigurasi di WhatsApp pasti akan kembali ke kondisi default.

15. Solusi Terakhir....


Sudah coba semua cara di atas tapi masih belum jadi? Mungkin gangguannya bukan di aplikasi WhatsApp-nya, melainkan di layanan Google yang ada pada smartphone.

Kalau saat menambahkan akun google tiba-tiba  stuck di halaman “memeriksa info” saja dan saat menjalankan aplikasi besutan Google ada pesan “kesalahan mengambil data server”, maka ada yang tidak beres dengan pengaturan akunnya .

Silakan lakukan pengaturan akun Google dengan baik, misalnya menambahkan kontak gmail dan password atau memperbarui layanan-layanannya. Dalam hal ini, silahkan eksplorasi sendiri bagaimana kiranya layanan Google bisa berjalan sebagaimana mestinya.
Catatan : Cara ini mungkin cocok untuk semua versi OS Android mulai dari OS 4.1 – 4.4 (Jellybean - KitKat), OS 6.0+ - 7.0 (Marshmellow - Lollipop) hingga OS Android 8.0, 8.1 (Oreo).
Sekiranya itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai cara mengatasi notifikasi pesan WhatsApp yang telat masuk dan tidak muncul-muncul. Silahkan mulai dari yang mudah-mudah dulu seperti mengaktifkan internet, atur notifikasi dan restart smartphone. Kalau belum berhasil juga, baru dilanjut ke yang lebih advanced.

Kalau masih bingung dan gagal, silakan tanya di komentar ya...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel