-->

Tujuan, Manfaat, dan Cara Kalibrasi Baterai Zenfone Yang Benar






Tutorial Mengkalibrasi Baterai Android ASUS Zenfone - Kita semua tahu bila baterai ini merupakan salah satu elemen untuk menyuplai tenaga di perangkat-perangkat smartphone, termasuk android. Jika kita nilai dari pengguna'an dan fitur-fitur yang diberikan pada user sebenarnya problem tentang baterai yang cepat habis / boros merupakan hal yang wajar di dalam dunia ponsel android. Seiring berjalannya waktu, tenaga baterai pada HH kita juga akan semakin berkurang. Hal ini terjadi baik karena penggunaan perangkat yang jor-joran ( ngawur ) atau memang karena faktor umur dari baterai itu sendiri. Kali ini Umahdroid berbagi serinci mungkin apa yang dimaksud dengan kalibrasi baterai, manfaat, tujuan dan tips melakukannya manual / tanpa root pada perangkat android keluaran produsen taiwan ini.


Tujuan, Manfaat, dan Cara Kalibrasi Baterai Zenfone Yang Benar
Smartphone Android ASUS


Definisi Kalibrasi



Apa itu kalibrasi? Menurut ISO/IEC Guide 17025:2005 dan Vocabulary of International Metrology (VIM) adalah serangkaian kegiatan yang membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh instrumen ukur atau sistem pengukuran, atau nilai yang diwakili oleh bahan ukur, dengan nilai-nilai yang sudah diketahui yang berkaitan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu. Dengan kata lain, Kalibrasi adalah kegiatan untuk menentukan kebenaran konvensional nilai penunjukkan alat ukur dan bahan ukur dengan cara membandingkan terhadap standar ukur yang mampu telusur (traceable) ke standar nasional maupun internasional untuk satuan ukuran dan/atau internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi.




Tujuan Kalibrasi


Kenapa baterai harus dikalibrasi dalam jangka waktu tertentu? Nah beberapa tujuan dari kalibrasi sebagai berikut :
  • Mencapai ketertelusuran pengukuran. Hasil pengukuran dapat dikaitkan/ditelusur sampai ke standar yang lebih tinggi/teliti (standar primer nasional dan / internasional), melalui rangkaian perbandingan yang tak terputus

  • Menentukan deviasi (penyimpangan) kebenaran nilai konvensional penunjukan suatu instrument ukur

  • Menjamin hasil-hsil pengukuran sesuai dengan standar Nasional maupun Internasional



Manfaat Kalibrasi



Setelah kita tahu tentang point-point tujuan diatas, lalu apa manfaatnya? Apa keuntungannya mengkalibrasi baterai android kita? Sobat Umahdroid bisa baca daftar dibawah ini :



  • Menjaga kondisi instrumen ukur dan bahan ukur agar tetap sesuai dengan spesefikasinya

  • Untuk mendukung sistem mutu yang diterapkan di berbagai industri pada peralatan laboratorium dan produksi yang dimiliki

  • Bisa mengetahui perbedaan (penyimpangan) antara harga benar dengan harga yang ditunjukkan oleh alat ukur


Didalam kasus ponsel-ponsel android relatif sama, hal itu juga terjadi pada ponsel ASUS seperti Zenfone 4,4S,5,6,2,C dan type lain yang admin tidak bisa sebutkan. Pada prakteknya kurang lebih seperti ini :


  1. Ketika kita merasa indikator nilai daya baterai tidak/kurang tepat. Contoh, di tulisan masih tersisa 20% lalu tiba-tiba mati?. Maka kemugkinan baterainya sudah habis, tapi HH sobat ngedeteksi masih ada sekitar 20%. 

  2. Saat melaukan charger, baru sekian persen tiba-tiba melompat ke sekian persen

  3. Tidak bisa di cas penuh

  4. Baterai kita tiba-tiba boros padahal tidak digunakan untuk aktifitas berat.

  5. Dan lain-lain




Cara Kalibrasi Batterai Android ASUS Zenfone



Baik! Kita sudah masuk ke trik untuk mengkalibrasi batterai android yang baik dan benar. Menurut beberapa sumber teman-teman yang pernah melakukan ini ada 2 buah metode yang bisa kita gunakan. Saya akan uraikan 2 buah metode tersebut untuk sobat setia Umahdroid :





Metode 1 dengan Aeroplane Mode



Di metode pertama ini, ada 10 langkah yang harus sobat lakukan. Termasuk didalamnya kita akan memanfaatkan fitur Mode Pesawat. Berikut detail dari step by step nya :


  1. Pertama habiskan baterai sampai di angka 1%-5%


  2. Charger baterai sampai 100%. Kalau bisa apabila sudah penuh, tunggu satu jam lagi

  3. Jika sudah penuh jangan cabut charger dulu. Laanjutkan dengan melakukan langkah dibawah ini dengan charger menyolok

  4. Kemudian matikan semua running apps

  5. Setting HH sobat ke Airplane Mode

  6. Setelah tidak ada aplikasi berjalan di background dan masuk ke Airplane Mode, lepas kabel chager, tapi jangan matikan handphone

  7. Tetap biarkan Zenfone dalam kondisi Standby

  8. Keesokan harinya check dan lihat smartphone sobat

  9. Buka Battery Profile yang terletak di menu Settings > Battery

  10. Nah, kalau sudah nonaktifkan Airplane Mode, dan gunakan seperti biasa.




Metode 2 Tanpa Aeroplane Mode


Yang kedua ini pada dasarnya sama seperti diatas, hanya saja kita melakukannya tanpa menggunakan Mode Pesawat. Seperti apa caranya? Simak langkahnya dibawah :

  1. Charger smartphone ASUS sobat dalam keadaan hidup sampai mencapai 100% ( lampu indikator menyala hijau )


  2. Setelah penuh kemudian matikan HP dan charger kembali sampai 100% ( lampu indikator menyala hijau )

  3. Jika sudah, nyalakan Zenfone sobat lalu masuk ke Setting > Developer Option > berikan cheklist pada Stay Awake

  4. Charger kembali sampai 100% ( lampu indikator menyala hijau )

  5. Setelah penuh, gunakan Zenfone hingga baterenya benar-benar habis atau mati sendiri

  6. Charger kembali di konsidi normal sampeai 100% 

  7. Selesai


Ada beberapa kasus saat HH dicas mentok di angka 99% tidak mau penuh. Trik mengatasinya bisa dilakukan dengan mencabut charger kemudian pasang lagi. Tunggu 1-5 menit, nanti akan jadi 100%.




Apabila mengkalibrasi tidak merubah keadaan mungkin memang batterai sobat sudah rusak. Harus segera dilakukan penggantian. Sobat bisa bawa ke Service Center untuk penggantian batterai. Opsi lain adalah menggunakan Power Bank.

Baca juga artikel menarik lainnya :


Agar lebih mudah mendapat pembaharuan dan update artikel terbaru seputar dunia teknologi khusunya android, silahkan sobat like FP Umahdroid yang sudah tersedia di side bar blog atau bisa klik tautan berikut https://www.facebook.com/umahdroid.

Sekian saja yang bisa saya tulis tentang Tujuan, Manfaat, beserta Langkah-Langkah Trik Kalibrasi Baterai Zenfone Yang Benar. Semoga sobat menikmati saat membaca artikel yang saya post seperti saya menikmati menulisnya. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan sobat share atau berkomentar untuk support blog ini agar terus menulis artikel tentang seputar dunia teknologi khususnya smartphone android. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.












Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel